fbpx
  • Jam Buka Toko: 08.00 s/d 17.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 0274-4439127
  • SMS/WA: 085729272228
  • BBM : 7EE4C364
  • latifa.shop@ymail.com
Terpopuler:

Bahan Logam Cincin Kawin Depok Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

05 October 2021 - Kategori Blog

Bahan Logam Cincin Kawin Depok Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya – Beragam bahan logam untuk cincin dapat dibuat dengan menggnakan bahan dari emas, perak 925, palladium dan platinum Pernikahan merupakan momen istimewa serta sakral yang banyak orang berharap terjadi satu kali dalam hidup mereka bersama pasangan tercinta. Umumnya orang-orang akan mempersiapkan hari pernikahan mereka berbulan-bulan sebelumnya karena ingin semuanya berjalan lancar sesuai keinginan.

Cincin nikah tunangan kawin couple custom depok bahan emas perak palladium platinum seserahan lamaran depok (15)

Salah satu hal yang banyak orang siapkan untuk hari pernikahan mereka adalah cincin nikah. Meski benda satu ini tidak wajib ada, orang-orang telah menormalisasi cincin nikah sebagai simbol ikatan antar pasangan. Terlebih, zaman dahulu cincin terkenal sebagai simbol keabadian. Jadi, adanya pertukaran cincin nikah saat momen pernikahan merupakan tanda bahwa kedua mempelai telah terikat satu sama lain selamanya, mengartikan bahwa mereka merupakan pasangan yang siap berbagi, saling melayani dan saling memberi terhadap satu sama lain.

Sedari dulu hingga sekarang, emas masih menjadi logam mulia yang banyak dipilih untuk dijadikan bahan cincin nikah. Tetapi bagi laki-laki beragama Islam, pemakaian cincin emas dilarang. Namun, tenang saja, masih ada bahan lain yang bukan logam mulia emas yang bisa dijadikan cincin nikah dengan kualitas bagus sekaligus harga terjangkau.

Alasan Menggunakan Cincin Tunanagan dan Cincin Kawin Depok

Agar tidak salah pilih dalam membeli cincin nikah, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan masing-masing logam yang umum dijadikan cincin nikah.

  1. Emas kuning

Logam mulia satu ini adalah pilihan tradisional untuk dijadikan cincin nikah yang bernilai tinggi. Logam mulia ini terbuat dari campuran emas murni, tembaga, serta zinc.Karena tidak terdapat nikel, risiko alergi sangat kecil. Dalam segi harga, emas kuning masih lebih terjangkau.

Tetapi, cincin emas kuning akan terlihat cocok dengan tone kulit dingin, yakni putih tetapi pucat seperti susu. Agar tetap berkilau, emas kuning harus dipoles secara berkala dan bahan ini cukup mudah tergores. Selain itu, jika Anda menggabungkan berlian dengan emas kuning, kemungkinan warnanya terlihat kekuning-kuningan.

  1. Emas putih

Emas putih sangat populer untuk dijadikan cincin nikah. Logam mulia ini terbuat dari campuran emas kuning dengan logam putih, seperti palladium maupun nikel. Logam ini kuat sehingga tidak mudah tergores serta lebih tahan lama. Meski lebih kuat, emas putih lebih ringan serta mudah dibentuk. Karena berwarna putih, berlian akan tampak lebih bersinar.

Berbeda dengan emas kuning, beberapa emas putih mengandung nikel yang cukup banyak sehingga mungkin akan menyebabkan alergi pada kulit sensitif. Jadi, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kandungan-kandungan untuk membuat cincin nikah. Apabila cincin emas putih dilapisi rhodium, Anda harus melapisinya lagi karena biasanya akan memudar dalam beberapa tahun. Dalam segi harga, emas putih jauh lebih mahal daripada emas kuning, walau keduanya memiliki karat yang sama.

Untuk bahan emas putih sering dipesan dan di buat sebagai cincin tunangan atau cincin nikah dan cincin kawin Depok. Tidak sedikit yang menggunakan bahan emas putih ini dikarenakan warna dan tampilannya lebih simpel serta elegan dibanding warna lain. namn semua tergantung daripada keinginan masing-masing pasangan.

  1. Perak

Perak dapat dijadikan pilihan untuk membuat cincin nikah mempelai pria. Logam ini mudah dibentuk, disolder, maupun dipoles.Sehingga tidak sulit ketika Anda ingin mendesainnya atas keinginan pribadi. Logam ini juga tidak mudah teroksidasi, dan ketika dilapisi dengan bahan yang tepat akan membuat cincin terlihat mengilap, high polish sampai soft satin. Harganya pun sangat terjangkau dibanding logam lainnya.

Namun, perak tidak tahan lama dan mudah memudar, terlihat kusam dan kehitaman dalam waktu singkat. Sebab, perak mudah bereaksi dengan zat kimia lainnya, seperti sulfur. Selain itu, lapisan pada perak juga mudah memudar. Mungkin Anda bisa menjaganya dengan tidak memakainya setiap hari.

  1. Platinum

Cincin emas putih dan platinum memiliki tampilan yang sama. Tetapi, keduanya memiliki perbedaan.

Platinum merupakan logam murni dan memiliki sifat hypoallergenic, artinya tidak menimbulkan alergi pada kulit sensitif. Logam murni ini juga tidak akan berubah warna serta sangat padat, membuatnya empat kali lebih kuat daripada emas putih. Inilah mengapa platinum tidak mudah tergores atau penyok.

Sayangnya, bagi Anda yang ingin memiliki cincin nikah dengan desain cukup rumit, platinum bukan pilihan pertama. Sebab, logam murni ini sangat sulit dibentuk. Tidak heran apabila harga cincin nikah platinum lebih tinggi daripada emas putih.

Info Cincin Nikah dan Cincin Kawin Depok

  1. Palladium

Sama halnya dengan platinum, plladium juga tidak menimbulkan reaksi alergi karena sifat hypoallergenic-nya. Termasuk sebagai loham mulia, palladium tidak mudah teroksidasi dan tahan terhadap korosi. Cincin nikah palladium dikenal dengan daya tahannya dan mudah dibersihkan. Meski memiliki kelebihan-kelebihan tersebut, harga cinicn nikah palladium lebih terjangkau.

Bahan palladium juga sulit dibentuk seperti platinum, sehingga akan sulit apabila Anda ingin desain yang rumit. Cincin nikah palladium yang bagus hanya berkadar 50%. Sebab, semakin besar kadar palladium maka akan semakin sulit cincin untuk dibentuk.

Palladium juga menjadi salah satu bahan yang sering digunakan dan dipesan untuk cincin kawin depok atau cincin tnangan Depok. Banyak yang datang langsung ke lokasi toko cincin Depok dan memesan sesuai dengan model keinginan sendiri. Untuk bahan juga dapat ditentukan oleh Anda yang dapat disesuaikan dana yang dimiliki.

Cincin nikah tunangan kawin couple custom depok bahan emas perak palladium platinum seserahan lamaran depok (15)

  1. Rose gold

Rose gold merupakan campuran emas dengan tembaga, dan perunggu. Persentase emasnya bisa bervariasi, tetapi umumnya 75% dengan tingkat karat berbeda. Warna yang muncul tergantung pada kandungan perunggu yang ditambahkan. Semakin besar perunggu, maka semakin merah warna cincinnya. Inilah daya tarik unik cinin rose gold, membuatnya terlihat feminin, lembut dan elegan. Cincin bahan ini juga lebih kuat karena mengandung tembaga. Warna cincin rose gold juga lebih tahan lama dan tak perlu dipoles ulang karena tidak dilapisi rodhium.

  1. Titanium

Warna asli titanium adalah hitam atau keabu-abuan. Bahan titanium cukup populer sebagai cincin nikah laki-laki. Logam ini juga memiliki kekuatan yang baik, sehingga tahan terhadap korosi. Titanium cukup tahan lama dan dalam pembuatan tidak dicampur dengan bahan lainnya. Untuk tampilan, cincin nikah titanium akan enak dipandang karena berkilau. Sama seperti platinum dan palladium, titanium juga tidak menimbulkan alergi. Harganya pun cukup terjangkau.

Tetapi ukuran cincin titanium akan sulit diubah serta ditambahkan ukiran. Cincin nikah dari bahan ini juga tidak dapat dipasangi permata karena panas akan merusak titanium.

Jadi, dari bahan-bahan logam untuk dijadikan cincin nikah, mana yang paling menarik perhatian Anda?

Model Cincin Kawin Depok dari toko cincin Latifa Jewelry Depok 

, , , , , ,

Telp

WA TOKO JOGJA

WA TOKO DEPOK

WA TOKO SOLO